Oleh: Indonesian Children | April 2, 2010

Mahasiswa Muslim di Florida, Membantu Orang Miskin Sambil Berdakwah

Mahasiswa Muslim di Florida, Membantu Orang Miskin Sambil Berdakwah

 

Mahasiswa Muslim di Florida, AS yang tergabung dalam organisasi nirlaba Project Downtown, turun ke jalan, tapi bukan untuk melakukan aksi unjuk rasa, tapi mendatangi warga miskin dan para tunawisma untuk membagikan bantuan dan berbincang-bincang dengan mereka.

Kegiatan itu dipusatkan di kota Tampa. Sama seperti di kota-kota besar lainnya di AS, di Tampa juga terdapat banyak tunawisma. Seorang mahasiswa mengatakan, mereka melakukan aksi sosial itu karena dalam Islam diajarkan untuk memberi makan orang-orang miskin.

“Itulah tujuan kami di sini. Cuma itu,” kata mahasiswa tadi.

Penduduk kota Tampa hanya sekitar 350 ribu jiwa dan dipekirakan 11 ribu diantara mereka tidak punya tempat tinggal. “Mereka orang-orang yang membutuhkan bantuan,” kata Jill Moreida, anggota Project Downtown.

“Kami datangi mereka bukan hanya sekedar memberikan makanan lagu pergi. Kami tidak mau memberi makan seperti memberi makan hewan di kebun binatang. Tapi kami bersahabat dengan mereka, kami berbincang dan berinteraksi. Selama berminggu-minggu, dan kami pun mengenal mereka, tahu tentang keluarga mereka. Kami tahu jika mereka sakit. Kami ingin membangun hubungan dengan mereka,” papar Jill.

Dengan menjalin hubungan yang dekat, sedikit demi sedikit mereka bertanya tentang Islam dan memiliki pemahaman baru tentang Islam.

“Mereka bilang, ternyata orang-orang Islam sangat luar biasa. Jadi kami melayani mereka karena Allah Ta’ala. Ada pesan besar yang kami bawa, yaitu menunjukkan sesuatu yang menimbulkan pandangan baru bagi mereka tentang Islam. Menunjukkan pada mereka agar tidak takut pada kami, kaum Muslimin dan tidak memiliki steretipe bahwa kami akan menyakiti mereka,” jelas Jill.

Organisasi Project Downtown berdiri dua tahun lalu di kota Miami dan sekarang sudah memiliki cabang di berbagai kota di AS, termasuk di Florida. Dalam melakukan kegiatan sosialnya, organisasi ini tidak melihat latar belakang etnis dan agama.

“Organisasi ini didirikan oleh beberapa kelompok dan beberapa mahasiswa Muslim di Miami. Mereka melihat kondisi orang-orang miskin di sekitar dan mengumpulkan uang untuk membeli roti isi dan membagikannya pada orang-orang yang membutuhkan,” kata salah seorang anggota organisasi itu.

Kegiatan Project Downtown di Florida disponsori oleh komunitas Muslim di kota itu, antara lain dari organisasi Aliansi Muslim Tampa yang diketuai oleh Dr. Hussein Nagamiya, seorang dokter ahli jantung.

“Tujuan utama kami adalah memberi makan orang-orang yang kelapar, membagikan pakaian pada orang-orang miskin, memberikan apa yang mereka butuhkan karena mereka orang-orang yang tidak punya tempat tinggal dan tak tahu harus pergi kemana,” ujar Dr. Nagamiya.

Ia melanjutkan, “Kami juga memberi mereka alat transportasi, misalnya sepeda, membuka tenda-tenda pemeriksaan kesehatan dan buat mereka yang ternyata sakit, kami akan membawa mereka ke klinik-klinik yang memberikan layanan gratis.”

Bagi komunitas Muslim, kegiatan itu ibarat sambil menyelam minum air. Sambil membantu warga miskin, mereka juga mendakwahkan agama Islam. Organisasi seperti Project Downtown dan Aliansi Muslim Tampa berharap mereka bisa mencapai tujuan lainnya, yaitu menunjukkan pada saudara-saudara mereka sesama warga Amerika, bahwa masyarakat Muslim di Amerika adalah warga negara yang baik yang memberikan kontribusi positif pada negara AS.

 

THE TRUTH ISLAMIC RELIGION : Islam is Peace and Love, Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat Phone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

https://thetruthislamicreligion.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2010, The Truth Islamic Religion  Network  Information Education Network. All rights reserved


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: