Oleh: Indonesian Children | April 2, 2010

RS di London Digugat karena Berpihak pada Muslim

RS di London Digugat karena Berpihak pada Muslim


Shirley Chaplin

LONDON–Rumah Sakit terkenal di Inggris yang dikelola Royal Devon and Exeter NHS Trust digugat seorang perawatnya yang beragama Kristen. Ia menuduh rumah sakit ini berlaku berat sebelah dan melindungi kepentingan karyawannya yang beragama Islam lebih besar ketimbang agama lain.

Adalah Shirley Chaplin, perempuan yang selama 30 tahun terakhir selalu berkalung salib, yang mengajukan gugatan. Ia ditegur pihak rumah sakit yang — menurut versinya — memergokinya memakai kalung salib dan tak menyembunyikannya di balik baju.

Menurut perempuan 54 tahun itu, jika memakai salib saja dilarang, maka logikanya perawat berjilbab pun diperlakukan sama. Namun bagi mereka yang berjilbab, tak ada teguran apapun. “Karyawan Muslim diperlakukan lebih baik sedangkan pegawai Kristen diperlakukan secara tidak adil,” ujarnya.

Ia pernah memprotes aturan itu pada pihak manajemen rumah sakit. “Namun mereka menjawab berjilbab adalah komitmen mereka terhadap kepercayaannya dan kita harus menerima mereka apa adanya.” Ia menyatakan pihak rumah sakit berlaku diskriminatif.

Pihak Trust yang dikonfirmasi Telegraph menyatakan pihak rumah sakit pernah menyarankan untuk tidak memkai tanda sakib yang mencolok sebagai mata kalungnya. Mereka menyatankan agar Chaplin memakai giwang clip on salib di telinganya. Namun, wanita yang bekerja sejak 1978 ini menolak tegas dengan alasan, “Pihak rumah sakit sedang mencoba menghina saya.”

Saat ditanya berapa nilai gugatannya oleh panel di pengadilan, ia hanya menjawab singkat, “Mereka telah menghina keyakinan saya. Saya tak bisa menaksir berapa nilainya.”

Hakim di pengadilan itu, John Hollow menyatakan pemakaian salib dengan rantainya sebagai kalung adalah tradisi, bukan ajaran agama. Namun Chaplin tetap pada tuntutannya, agar pihak RS meminta maaf dan mencabut aturan itu. Selama persidangan, ia didampingi enam pendeta yang menyatakan, “Umat Kristen di Inggris kini tengah dianiaya”.

 

Audi Yudhasmara

THE TRUTH ISLAMIC RELIGION : Islam is Peace and Love, Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat Phone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

https://thetruthislamicreligion.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2010, The Truth Islamic Religion  Network  Information Education Network. All rights reserved


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: